BNN Sosialisasi P4GN di Sekolah

Penyalahgunaan narkoba memiliki dampak yang signifikan pada masyarakat Indonesia terutama pada pelajar. Melalui banyak cara, pihak yang tdak bertanggung jawab mencari celah agar pelajar yang merupakan aset masa depan bangsa tercemari oleh penyalahgunaan narkoba. Akibatnya, pelajar yang terpapar penyalahgunaan narkoba menjadi generasi muda yang kehilangan konsentrasi, malas dalam belajar, hingga menjadi tidak produktif dalam melakukan aktivitas.
Menyadari akan bahaya paparan penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Surabaya menggandeng sekolah untuk menyosialisasikan gerakan Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Nasional yang biasa disebut dengan gerakan P4GN. Pada kesempatan ini, Kamis (18/01) BNN menggandeng SMP Muhammadiyah 4 Surabaya untuk melakukan sosialisasi P4GN tersebut. Siswa kelas 7 hingga kelas 9 turut serta mengikuti kegiatan yang dilaksanakan di Aula Masjid Syuhada’ Komplek Pendidikan Gadung.
Acara sosialisasi P4GN ini dipandu oleh Ibu Rahmatika Ramadhan Dari BNN Kota Surabaya, siswa dijelaskan tentang apa itu narkoba, bagaimana dampak siswa yang terpapar penyalahgunaan narkoba, hingga apa yang harus dilakukan untuk mencegah penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar.
Di kesempatan ini juga, Bu Rahmatika Ramadhan menyebutkan bahwa penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar pada tahun 2017 mengalami kenaikan yang signifikan. Tercatat sudah ada 118 pelajar yang terkena dan positif menyalahgunakan narkoba. Jumlah tersebut lebih banyak dari tahun sebelumnya yang berjumlah 84 pelajar.
Interaksi pemateri dengan siswa juga dilakukan pada kegiatan ini. Ibu Rahmatika Ramadhan memberikan penghargaan berupa alat tulis sekolah kepada siswa yang berhasil menjawab pertanyaan yang diberikan. Siswa yang berani mengajukan pertanyaan berkenaan dengan penyalahgunaan narkoba juga diberikan penghargaan berupa hadiah. Hadiah yang diberikan menjadikan siswa termotivasi untuk mengikuti kegiatan tersebut dan memperhatikan arahan yang diberikan.
Vamya, siswa kelas 8 A mengatakan, “Ternyata narkoba sangat berbahaya ketika disalahgunakan. Penyalahgunaan ini cukup menakutkan kalau pelajar sudah terpapar narkoba. Masa depan kita masih panjang sudah sepantasnya kita hindari penyalahgunaan narkoba.”
“Sudah sepantasnya penyalahgunaan narkoba tidak masuk di sekolah dan menyerang para pelajar. Tugas kita sebagai tenaga pendidik harus membentengi siswa di sekolah dengan iman dan taqwa yang kuat.” Tutur Bambang Eko Yuhono, karyawan berperestasi SMP Muhammadiyah 4 Surabaya ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *