Kemah Naik Kereta Api

Wajah Emir tak henti-hentinya memancarkan senyuman. Pun begitu dengan beberapa temannya. Mereka tampak antusias berangkat kemah. Barang bawaan yang mereka bawa seolah tak menjadi beban untuk mengarungi perjalanan dan kemah selama beberapa hari di daerah Kebun Teh Wonosari Malang. Kemah ini dimulai tanggal 18 hingga 20 Oktober 2018. Selama beberapa hari, mereka akan ditempa mental dan kemandiriannya melalui agenda rutin sekolah ini.

“Pak, ini keretanya berangkatnya masih lama ta?” Ujar Sabyan, salah satu siswa kelas 8A. Pak Anam, salah satu guru pendamping akhirnya menjelaskan pada siswa yang antusias itu bahwa kereta berangkat puku 07.49 WIB. “Ditunggu saja, kurang 15 menit lagi.” Tambah Pak Anam kepada para siswa. Raut tak sabar ingin segera berangkat masih tergambar jelas di antara para siswa itu.

Tepat pukul 07.49 WIB, Kereta Penataran relasi Surabaya Gubeng – Blitar memasuki Stasiun Wonokromi. Siswa yang sudah terlanjur antusias bersorak. Mereka segera mengemasi barang-barangnya dan masuk secara berkelompok di dalam kereta. Tidak jarang mereka masih bingung mencari mana yang menjadi tempat duduknya.

“Duduknya sesuai nomor tiket ya. Ini gerbong 4 sedangkan gerbong 5 berada di belakang.”ujarPak Taufiq, salah satu guru pendamping kepada para siswa. Siswa mulai mencari tempat duduk sesuai tiketnya. Mereka mulai saling bernyanyi dan berbagi cerita dengan temannya. Tidak jarang pula ada yang menuju gerbong restorasi untuk membeli makanan dan minuman.

“Aku tadi tidak sarapan. Sempat bingung harus beli sarapan di mana. Ternyata di dalam kereta ada yang jual. Jujur ini adalah pengalaman pertamaku naik kereta. Ujar Andini

Tepat dua jam perjalanan, kereta Penataran yang membawa 140 orang rombongan Kemah HW dari SMP Muhammadiyah 4 Surabaya sampai di Stasiun Lawang. Siswa dan guru pendamping secara bergantian keluar dari gerbong 4 dan 5. Mereka menuju alat transportasi angkot yang sudah terparkir di depan stasiun. Angkot itulah yang akan mengantarkan mereka dari Stasiun Lawang menuju Bumi Perkemahan Wonosari yang berjarak 6 kilometer sebelah Utara stasiun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *