Siswa Terharu Ketika Bersihkan Makam Pahlawan

Ada banyak cara untuk memperingati Hari Pahlawan, terutama di kalangan pelajar. Ada yang memperingatinya dengan memakai baju pejuang dan tentara. Ada juga yang memperingatinya dengan lomba untuk meniru semangat perjuangan pahlawan dan ada juga yang memperingatinya dengan cara berkunjung ke makam pahlawan, seperti yang dilakukan oleh sepuluh siswa SMP Muhammadiyah 4 Surabaya yang tergabung dalam Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM).

Sepuluh siswa yang tergabung dalam IPM didampingi dua orang guru berkunjung ke makam pahlawan yang terletak di Jalan Mayjend Sungkono Surabaya (9/11). Di makam pahlawan seluas 10.880 m2 ini, mereka tidak sekadar berkunjung untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur. Di sini, beberapa siswa dan guru pendamping juga melakukan kerja bakti. Mereka membantu petugas kebersihan makam dengan cara menyapu areal makam yang masih terlihat belum bersih. Mereka memunguti daun kering yang berguguran dan beberapa sampah yang belum tersapu. Tidak hanya itu saja. Di makam tersebut, siswa juga membersihkan beberapa batu nisan pahlawan yang kelihatan usang. Suasana haru terpancar dari raut wajah mereka. Siswa tak kuasa menahan tangis mengingat perjuangan pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan dari penjajah.

Setelah melakukan kerja bakti dengan membersihkan beberapa areal makam, siswa dengan dibantu guru melakukan bakti sosial. Bakti sosial ini dilakukan masih di area makam. Tak jauh dari tempat siswa dan guru melakukan kerja bakti, ada beberapa petugas kebersihan yang juga sibuk membersihkan areal makam. Mereka memasukkan sampah yang sudah terkumpul ke dalam truk pengangkut sampah. Siswa dengan ditemani guru memberikan beberapa buah makanan kepada petugas kebersihan tersebut.

“Ini salah satu bentuk terima kasih kami kepada petugas kebersihan yang juga turut berjasa menjaga kebersihan makam pahlawan.” Ujar Miranda, siswa kelas 8.

Nur Asroful Anam, Kepala Urusan Kesiswaan, mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan selain sebagai wujud peringatan Hari Pahlawan juga sebagai pengingat kembali kepada siswa dan guru bahwa bangsa ini merdeka tidak lepas dari perjuangan para pahlawan.

“Selama ini siswa hanya tahu pahlawan itu ya di buku sejarah. Melalui kegiatan ini, kami mengajak siswa untuk mengenang jasa pahlawan dengan berkunjung ke peristirahatan terakhirnya. Semoga siswa bisa meneladani perjuangannya.” Pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *