Motivasi Menjelang UN dengan ESQ

Bilqis terlihat menangis ketika lampu masjid Syuhada dipadamkan. Pun demikian dengan 80 siswa kelas 9 SMP Muhammadiyah 4 Surabaya. Mereka larut dalam haru. Sedu sedan tak terasa menetes dari mata mereka. Air mata itu mengalir deras membasahi pipi. Tak terkecuali juga orang tua siswa. Mereka juga larut dalam haru. Tak terasa putra-putri yang menemani separuh hidupnya telah beranjak dewasa. UN 2019 menjadi penanda bahwa putra putri mereka akan meninggalkan fase anak-anak menuju remaja. Tentu, dengan tingkatan pendidikan yang lebih tinggi pula.

Begitulah suasana haru dan khidmat yang mengiringi acara motivasi UN siswa kelas 9, Jumat (12/4). Delapan puluh siswa beserta orang tuanya hadir untuk menyamakan persepsi dengan sekolah dalam pendampingan siswa selama UN. Di dalam acara tersebut juga diadakan Emotional Spiritual Quotient (ESQ). Melalui ESQ, siswa dan orang tua diharapkan dapat menata hati, pikiran, dan rohani untuk persiapan ujian nasional yang akan ditempuh sebentar lagi. Harapan sekolah dan orang tua, siswa bisa memaksimalkan usahanya demi hasil akhir yang optimal.

Mutiara Nuraini, siswa kelas 9, mengatakan bahwa acara ini sangat bermanfaat untuk menambah motivasi sebelum UN. “Jadinya plong tadi pas salaman sama mama. Alhamdulillah, perasaan kayak lega gitu. Semoga untuk belajar lebih konsentrasi,” imbuhnya.

Kaur Kesiswaan, Nur Asroful Anam menambahkan bahwa acara ini merupakan agenda rutin sekolah. Diharapkan melalui kegiatan ini, pesan yang disampaikan kepada orang tua berpengaruh pada keoptimalan nilai siswa. “Ini salah satu wujud ikhtiar kita selain membekali siswa dengan materi pelajaran,” tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *