Kegiatan Bagi Nasi, Ajarkan Siswa Untuk Berbagi

 

Langkah Hadil bersama 63 siswa baru lainnya melangkah mantap. Canda tawa iringi langkah mereka dengan genggaman beberap bungkus

nasi bungkus yang mereka bawa dari rumah. Mereka niatkan nasi bungkus itu dibagikan kepada tukang becak, ojek daring, dan para pedagang yang ada di sekitaran Jalan Gadung Surabaya. Mereka berharap secuil kebaikan yang mereka bawa berbuah pahala. Berbuah senyum.

Keadaan itulah yang tergambar pada saat momen bagi nasi gratis yang diadakan SMP Muhammadiyah 4 Surabaya (17/9). Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Forum Taaruf Siswa Baru (FORTASI) 2019. Kegiatan bagi nasi bungkus dipilih untuk mengajarkan berbagi kebaikan kepada masyarakat sekitar. Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan sikap peka terhadap keadaan masyarakat sekitar yang membutuhkan.

Ketua FORTASI SMP Muhammadiyah 4 Surabaya, Alifwati Citra, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap tahunnya. Pasti dalam kegiatan FORTASI ada bakti sosial yang diselenggarakan dan tahun ini mengambil tema bagi nasi gratis. “Selain sebagai kegiatan rutin, kami mau siswa itu terpacu untuk berlomba-lomba melakukan kebaikan.” Tambahnya.Dalam kegiatan bakti sosial bagi nasi gratis kali ini, siswa dan guru SMP Muhammadiyah 4 Surabaya membagikan sekitar 250 nasi bungkus. Nasi itu disebar di berbagai titik dengan kurang lebih 10 siswa di tiap titiknya. Di akhir kegiatan, sejumlah nasi yang dibagikan siswa habis terbagi.

Selain sebagai pembelajaran berbagi siswa, ada manfaat lain yang diperoleh. Siswa bisa berani berinteraksi dengan orang lain. “Aku senang ada kegiatan bagi nasi ini. Biasanya takut sama orang asing yang belum dikenal. Tapi, di sini aku belajar buat ngelakuin sesuatu yang bermanfaat meskipun dengan orang yang belum kukenal. Ujar Naufal, salah satu peserta FORTASI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *